Pasang Iklan 720x90
Home » » Mencari pusara Kartosoewirjo

Mencari pusara Kartosoewirjo

Iklan Baris
Lowongan Kerja Malang
Binggung mencari lowongan kerja di daerah malang? Langsung saja kunjungi disini
www.lowongankerja87.weebly.com
Pasang Iklan Baris
Pasang iklan baris Murah dan menyediakan layanan pemasangan iklan banner.
www.LivaKara.com
Bagi Sardjono, foto-foto itu sudah menjawab pertanyaan tentang eksekusi mati Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo, Imam Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII). Kisah hari-hari terakhir menjelang ajal, hingga lokasi terakhir pemakaman bapaknya kian benderang. Namun bungsu dari lima saudara ini lebih memilih berdamai dengan nasib. Tidak dendam, juga tidak hendak menggugat pemerintah.

Namun sebagai anak, dia menyesalkan eksekusi mati kepada bapaknya. “Apa harus dieksekusi mati, sudah tua seperti itu, dipenjara juga nanti pasti mati,” kata dia kepada merdeka.com sambil menikmati makan siang di rumah makan Padang di Garut, Jawa Barat, Sabtu pekan lalu.

Kartosoewirjo ditembak mati pada 5 September 1962. Hari-hari terakhir sang imam menjelang hukuman tembak direkam jelas dalam 81 esai foto lama karya anonim, lengkap dengan keterangan gambar. Jepretan foto-foto itu dicetak dalam buku berjudul Hari Terakhir Kartosoewirdjo karya politikus Partai Gerindera, Fadli Zon. Buku diluncurkan Rabu pekan lalu.

Hingga kini siapa pemotret eksekusi tersebut belum jelas. Fadli Zon mengaku mendapatkan foto dari seorang kolektor. Dia bertemu dalam sebuah acara lelang benda-benda filateli dan numismatik bertajuk Java Auction di Hotel Redtop, Agustus 2010. Dia meyakinkan kolektor itu, foto lebih aman bila disimpan di perpustakaanya, Fadli Zon Library.

Buku setebal 91 halaman itu dianggap telah mematahkan buku-buku sejarah ihwal lokasi eksekusi dan makam sang Imam. Sardjono dan keluarga misalnya, sebelumnya menganggap bapaknya dieksekusi dan dimakamkan di Pulau Onrust, Kepulauan Seribu. Sebelum terbitnya buku itu, dia beberapa kali berziarah ke sana. Tapi kini dia harus berpikir ulang.

“Sekarang mana yang benar. Di Onrust atau di Pulau Ubi? Katanya selama ini di Onrust, saya selalu ke sana,” kata dia. Dalam keterangan foto, lokasi eksekusi mati dan pemakaman Kartosoewirjo memang ditulis di Pulau Ubi.

Dalam buku diceritakan perjalanan Kartosoewirjo menjelang eksekusi. Foto pertama bercerita tentang pertemuan keluarga, kemudian menampilkan perjalanan di dalam kapal, hingga proses eksekusi di Pulau Ubi. Juru foto mengabadikan lengkap detik-detik menjelang hukuman tembak itu. Begitu pula dengan pemakaman jenazah.

Bila dokumen foto dan keterangan-keterangan itu benar, Sardjono berharap ada penelusuran makam. Tujuannya buat mencari kebenaran lokasi makam. Menurut dia, keluarga mempunyai hak mengetahui lokasi persis pusara bapaknya. ”Tapi kami ini mau mengadu ke mana. Saya berharap ada yang mau memfasilitasi, dilakukan uji forensik, menggali makam buat mencari kebenaran,” ujarnya.

Lalu bagaimana perasaannya setelah melihat foto? ”Foto itu telah menceritakan semuanya. Masyarakat pasti bisa menyimpulkan bagaimana keadaan saat itu. Kesimpulan saya serahkan kepada masyarakat, silakan mau komentar apa,” ujarnya.

Hanya satu permintaannya, di mana sesungguhnya kubur bapaknya itu.

Sumber : http://www.merdeka.com/khas/mencari-pusara-kartosoewirjo-jejak-buncit-kartosoewirjo-3.html
Iklan Baris
Lowongan Kerja Malang
Binggung mencari lowongan kerja di daerah malang? Langsung saja kunjungi disini
www.lowongankerja87.weebly.com
Pasang Iklan Baris
Pasang iklan baris Murah dan menyediakan layanan pemasangan iklan banner.
www.LivaKara.com

Daftar Isi

    Memuat...
    Samsung Malang
     
    Support : Creating Website AnarchyCox
    Copyright © 2019. LivaKara - All Rights Reserved