IDota2Pro - Komunitas Dota 2 Online Indonesia!

Loading . . .

Home » » Selalu Loyo Saat Duduk Maupun Berdiri? Awas, Ini Akibatnya

Selalu Loyo Saat Duduk Maupun Berdiri? Awas, Ini Akibatnya

Written By Norman Enkabara on Selasa, 19 Maret 2013 | 18.54

Iklan Baris Lowongan Kerja Malang
Binggung mencari lowongan kerja di daerah malang? Langsung saja kunjungi disini
www.lowongankerja87.weebly.com
Pasang Iklan Baris
Pasang iklan baris Murah dan menyediakan layanan pemasangan iklan banner.
www.LivaKara.com
Bukan hanya kelihatan malas, postur tubuh yang tidak ideal saat duduk maupun berdiri juga memicu dampak negatif bagi kesehatan secara keseluruhan. Mulai dari asma, beser, nyeri dada hingga tekanan darah tinggi bisa kambuh karenanya.

Kecenderungan untuk duduk dan berdiri dalam posisi loyo dan tidak bergairah sangat besar di zaman serba moderen ini karena manusia tidak harus berjuang secara fisik untuk bisa makan. Tinggal duduk, segala yang bersifat instant bisa langsung tersedia.

Padahal jika tidak dibiasakan duduk dan berdiri dalam postur tegak, dampak negatifnya adalah sebagai berikut seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (19/3/2013).

1. Tekanan darah tinggi
Berdiri atau duduk dalam posisi loyo bukanlah postur yang ideal dan akan mempengaruhi otot leher. Bagian ini juga berhubungan langsung dengan otak di bagian pusat pengaturan tekanan darah.

"Dimungkinkan bahwa postur yang tidak bagus, yang menekan otot leher, bisa berperan pada tekanan darah tinggi. tapi butuh riset lebih lanjut untuk memastikannya," kata Prof Jim Deuchars dari University of Leeds.

2. Beser atau bahkan ngompol
Sekitar 50 persen wanita punya masalah kandung kemih, seperti ngompol sedikit saat tertawa atau mengangkat barang, maupun beser atau sering buang air kecil. Postur yang tidak ideal bisa jadi penyebabnya sebab tulang punggung membentuk huruf C yang tidak baik untuk daerah panggul. Normalnya, tulang punggung saat tegak agak membentuk huruf S.

3. Rentan depresi
Sebuah penelitian di San Francisco State University mengungkap bahwa postur yang tidak ideal membuat orang lebih rentan depresi dan memiliki level energi yang lebih rendah. Penelitian lain di Colorado College menunjukkan, postur yang tegak saat duduk dan berdiri memberikan rasa percaya diri yang lebih besar.

4. Nyeri dada
"Panggul itu seperti mangkuk. Kalau duduk tegak, maka isinya rata. Tapi kalau duduk bersandar, perut dan organ pencernaan akan tumpah isinya," kata Robert McCoy, seorang ahli pencernaan. Lama kelamaan spinchter atau katub pembatas antara lambung dan esofagus (kerongkongan) akan melemah, kerjanya jadi tidak maksumal sehingga asam lambung mudah naik. Gejalanya adalah nyeri dada.

5. Asma
paru-paru bekerja lebih optimal dalam posisi vertikal. Oleh karenanya orang yang duduknya merosot akan lebih kesulitan bernapas dan bisa memicu gangguan pernapasan seperti asma maupun gangguan paru. "Orang-orang dengan postur berbentu C sering letih sepanjang hari dan itu karena paru-parunya tidak mendapat cukup oksigen, padahal otak juga butuh oksigen agar bekerja dengan baik," kata seorang fisioterapis, Sammy Margo.

6. Sakit Kepala
Jika sering merasakan sakit kepala di tempat kerja, belum tentu itu karena stres. Posisi duduk yang tidak ideal juga bisa menjadi penyebabnya. "Tensi atau tekanan otot di pangkal tengkorak, yang disebabkan oleh posisis duduk yang merosot bisa menekan saraf trigeminal dan menyebabkan cervicogenic headache," kata seorang ahli tulang, Robert McCoy.

7. Kembung dan mudah kentut
Perut kembung dan banyak angin sesudah makan disebabkan oleh irritable bowel syndrome atau sindrom perut sensitif. Duduk dengan posisi tidak ideal bisa memperparah kondisi ini, karena perut akan tertekan. Usah makan besar, sangat dianjurkan untuk duduk tegak agar perut tidak mudah kembung.

Sumber
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

IDota2Pro - Komunitas Dota 2 Online Indonesia!

Daftar Isi

    Memuat...
     
    Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
    Copyright © 2013. LivaKara - All Rights Reserved