IDota2Pro - Komunitas Dota 2 Online Indonesia!

Loading . . .

Home » , » Makanan Sehat Kaya Antioksidan

Makanan Sehat Kaya Antioksidan

Written By Norman Enkabara on Senin, 01 April 2013 | 12.15

Iklan Baris Lowongan Kerja Malang
Binggung mencari lowongan kerja di daerah malang? Langsung saja kunjungi disini
www.lowongankerja87.weebly.com
Pasang Iklan Baris
Pasang iklan baris Murah dan menyediakan layanan pemasangan iklan banner.
www.LivaKara.com
Antioksidan merupakan kumpulan nutrisi anti oksidasi yang biasanya melindungi tubuh dari racun yang memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Untuk itu asupan antioksidan perlu diperbanyak dalam diet sehat anda.

Berikut ini adalah list makanan yang banyak mengandung antioksidan yamh bisa anda tambahkan :

Wortel
Kandungan beta-karoten atau pro-vitamin A pada wortel berperan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker. Selain itu vitamin A yang terkandung dalam wortel ini juga dapat melindungi mata dari kerusakan akibat proses penuaaan.

Brokoli
Brokoli dapat meningkatkan imunitas serta pembentukan sel dalam tubuh melalui kandungan asam foliknya terkenal berkhasiat melawan kanker terutama kanker payudara, cervix (kanker mulut rahim) colon dan paru paru. Brokoli juga kaya akan chromium yang bermanfaat membantu mengatur insulin dan gula darah dalam tubuh. Selain itu, brokoli juga dapat mencegah penyakit jantung dan osteoporosis serta mampu memperlambat penuaan dini.

Delima
Polifenol yang ada di dalam delima lebih efektif daripada antioksidan yang ada dalam kandungan makanan lain nya untuk memerangi radikal bebas.

Hazelnut
Hazelnuts juga kaya antioksidan, tetapi mereka bukan kacang yang sangat populer. Pertimbangkan untuk menambahkan mereka untuk salad atau menggunakan mereka sebagai camilan. Kacang juga sehat karena lemak di dalamnya adalah lemak sehat yang membantu mencegah penyakit jantung.

Kentang
Kentang adalah sumber besar dari segala macam vitamin, dan mempunyai peringkat sangat tinggi di antara makanan antioksidan.

Plum dan Prunes
Prunes yang sedikit lebih tinggi daripada antioksidan plum, hanya karena mereka kering.

Teh hijau
Teh hijau mengandung polifenol dan katekin yang sangat efektif menetralisir radikal bebas tubuh. Para ahli setuju bahwa salah satu alasan bahwa orang Asia memiliki harapan hidup lebih tinggi daripada ras lain adalah konsumsi tinggi dari teh hijau.

Pepaya
Dengan kandungan Vitamin C dan karotenoid, pepaya dapat mempertahankan tekanan darah anda dalam kondisi yang normal. Di dalam buah pepaya segar terdapat sebuah enzim yang menjadi katalisator penambah kecepatan reaksi dalam tubuh. Pepaya juga membantu mencerna daging dan tepung sehingga memperlancar pencernaan, juga membantu menjaga daya tahan tubuh dan mencegah memar.

Bawang Putih
Bawang putih dipercaya dapat membunuh parasit, bakteri dan virus melalui kandungan Alicin dan Selenium. Mengkonsumsi bawang putih secara teratur dapat menghalangi terjadinya penyumbatan pada arteri, meningkatkan sistem imunitas tubuh serta mengontrol tekanan darah. Selain dapat menurunkan kadar kolesterol, bawang putih juga memiliki zat anti kanker, dapat menyembuhkan radang otak, mengurangi sakit pada persendian, menambah energi, meningkatkan nafsu makan dan libido.

Kacang Kedelai
Mutu protein kacang kedelai hampir setara dengan mutu protein pada daging. Kedelai ini kaya akan isoflavonoids yang berguna untuk mencegah kanker, dapat meningkatkan kadar estrogen pada wanita, mencegah kanker, memperkuat tulang, menurunkan kadar kolesterol.

Semangka
Kandungan airnya yang mencapai 90% sangat baik untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Vitamin A dan C yang terkandung di dalamnya juga mempercepat penyembuhan luka, menjaga gusi tetap sehat, mencegah memar, dan meningkatkan imunitas.

Bayam
Bayam penuh kandungan lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang melindungi retina dari degenerasi makular yang datang dengan bertambahnya usia.

Alpukat
Peneliti dari University of Ohio mengatakan lemak baik dalam alpukat bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat karotenoid. Sebaiknya, Anda mengonsumsi 43 gram alpukat saja, agar terhindar dari kelebihan kalori. Jika memungkinkan, pilihlah alpukat mentega, karena mengandung lebih banyak lemak tak jenuh tunggal.

Tomat
Kandungan lycopene dan vitamin C sebagai antioksidan dalam tomat dapat meminimalkan resiko kanker (terutama kanker pankreas) serta mencegah peradangan usus buntu. Lycopene pada tomat merupakan antioksidan yang dahsyat dalam menetralisir radikal bebas perusak sel-sel kulit, tomat juga mengandung chlorine yang berfungsi untuk merangsang hati untuk menyaring sisa bahan beracun dan menjaga hati dari peradangan. Tomat juga mencegah penyakit jantung dan menjaga tekanan darah.

Berries
Blueberry peringkat lebih tinggi dibandingkan buah lainnya ketika kita membahas tentang antioksidan. Cranberry dan blackberry juga mempunyai kandungan antioksidan yang tidak kalah tingginya

Kenari
Kenari peringkat kedua di antara kacang sebagai makanan dengan kandungan antioksidan yang besar.

Sumber
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

IDota2Pro - Komunitas Dota 2 Online Indonesia!

Daftar Isi

    Memuat...
     
    Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
    Copyright © 2013. LivaKara - All Rights Reserved