IDota2Pro - Komunitas Dota 2 Online Indonesia!

Loading . . .

Home » » Universitas, Institut, Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi? Apa bedanya?

Universitas, Institut, Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi? Apa bedanya?

Written By Norman Enkabara on Sabtu, 06 April 2013 | 07.50

Iklan Baris Lowongan Kerja Malang
Binggung mencari lowongan kerja di daerah malang? Langsung saja kunjungi disini
www.lowongankerja87.weebly.com
Pasang Iklan Baris
Pasang iklan baris Murah dan menyediakan layanan pemasangan iklan banner.
www.LivaKara.com
Kita mengenal banyak nama untuk perguruan tinggi. Ada universitas, institut, akademi, politeknik, dan sekolah tinggi. Mengapa harus beda-beda gitu ya? Ada perbedaan nama, harusnya juga ada penjelasannya. Sebenarnya kalau kamu mencari penjelasan tentang perbedaan kelima jenis perguruan tinggi ini di Google, kamu akan menemukan banyak. Tapi sebagian besar… ah, pasti tidak sanggup memuaskan pertanyaan yang sudah muncul di otakmu.

Pada kesempatan kali ini, KampusNews ingin memberikan sedikit penjelasan mengenai perbedaan kelimanya. Yah, semoga bermanfaat bagi kalian, siapa tahu ada adik kelas di SMA yang tanya. Bangga dong, jadi kakak kelas yang bisa jelasin pertanyaan buat adik kelasnya.

Penjelasan Teoritis
Kamu akan menemukan banyak penjelasan mengenai jenis perguruan tinggi yang disadur dari berbagai sumber, seperti yang ada di dalam kolom berikut.

Universitas
adalah suatu institusi pendidikan tinggi dan penelitian, yang memberikan gelar akademik dalam berbagai bidang. Sebuah universitas menyediakan pendidikan sarjana dan pascasarjana. Kata universitas berasal dari bahasa Latin universitas magistrorum et scholarium, yang berarti “komunitas guru dan akademisi”. Universitas terdiri atas sejumlah fakultas yang menyelenggarakanpendidikan akademik dan/atau pendidikan vokasi dalam sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Institut
adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau vokasi dalam sekelompok disiplin ilmu pengetahuan,teknologi, dan/atau seni dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi. Institut memberikan pendidikan dan pengajaran tinggi serta melakukan penelitian dalam beberapa cabang ilmu pengetahuan sejenis.

Sekolah Tinggi
adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau vokasi dalam lingkup satu disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi. Sekolah tinggi menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau vokasi dalam lingkup satu disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakanpendidikan profesi. Sekolah Tinggi memberikan pendidikan dan pengajaran tinggi serta melakukan penelitian dalam satu cabang ilmu pengetahuan.

Akademi
adalah suatu institusi pendidikan tinggi, penelitian, atau keanggotaan kehormatan. Nama ini berasal dari sekolah filsafatPlato yang didirikan pada sekitar tahun 385 SM di Akademia, sebuah tempat suciAthena, dewi kebijaksanaan dan kemampuan, di sebelah utara Athena, Yunani. Akademi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu pengetahuan,teknologi, dan/atau seni tertentu. Akademi memberikan pendidikan dan pengajaran tinggi yang ditujukan kepada keahlian khusus.

Politeknik
menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus. Dalam kedudukannya sebagai perguruan tinggi, politeknik merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional yang bertujuan menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan pofesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan kesejahteraan umat manusia serta memperkaya kebudayaan nasional. Politeknik merupakan pendidikan profesional yang diarahkan pada kesiapan penerapan keahlian tertentu. Guna mencapai maksud itu, politeknik memberikan pengalaman belajar dan latihan yang memadai untuk membentuk kemampuan profesional di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
Penjelasan Praktis
Secara praktis, kelima jenis perguruan tinggi tersebut memiliki perbedaan pada:

1. Jenis program
Maksud jenis program di sini adalah program akademik (S1, S2, S3), vokasi (D1, D2, D3, D4), dan profesi (gelar profesi).

Universitas, institut, dan sekolah tinggi memungkinkan untuk memiliki program akademik, vokasi, dan profesi. Sementara itu akademi dan politeknik hanya memiliki program vokasi.

2. Jenis keilmuan
Kalian tentu tahu istilah jurusan dan fakultas, kan? Jurusan bisa digambarkan sebagai satuan sekolah yang mengajarkan ilmu tertentu. Fakultas adalah kumpulan dari berbagai jurusan berbeda, tapi masih satu lingkup keilmuan.

Universitas – terdiri dari beberapa fakultas yang beragam jenis keilmuannya. Misal: Universitas A punya Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Bahasa.

Institut – terdiri dari beberapa fakultas yang berada dalam satu jenis keilmuan. Misal: Institut B punya Fakultas Teknologi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknologi Perkapalan.

Sekolah Tinggi – bisa dibilang terdiri dari satu fakultas. Misalnya: Sekolah Tinggi C mempelajari ilmu ekonomi, jadi terdiri dari jurusan-jurusan yang berkaitan dengan ilmu ekonomi saja.

Politeknik – sama seperti Sekolah Tinggi, yang membedakan adalah jenis programnya (poin 1).

Akademi – bisa dibilang terdiri dari satu jurusan.

Nah, paling tidak sekarang perbedaan di antara kelimanya sudah lebih jelas. Ada yang mau menambahkan?

Sumber
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

IDota2Pro - Komunitas Dota 2 Online Indonesia!

Daftar Isi

    Memuat...
     
    Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
    Copyright © 2013. LivaKara - All Rights Reserved