IDota2Pro - Komunitas Dota 2 Online Indonesia!

Loading . . .

Home » , , » 10 Tips Bijak Belanja Baju Baru Lebaran 2013

10 Tips Bijak Belanja Baju Baru Lebaran 2013

Written By Norman Enkabara on Minggu, 28 Juli 2013 | 08.49

Iklan Baris Lowongan Kerja Malang
Binggung mencari lowongan kerja di daerah malang? Langsung saja kunjungi disini
www.lowongankerja87.weebly.com
Pasang Iklan Baris
Pasang iklan baris Murah dan menyediakan layanan pemasangan iklan banner.
www.LivaKara.com
Akhir bulan Ramadhan atau menjelang Idul Fitri sobat Melissacantik pasti pada sibuk berbelanja baju baru buat Lebaran. Seru dan menyenangkan. Meski sulit dihindari, berbelanja baju Lebaran dapat dilakukan dengan cara yang benar, dalam arti tidak mengganggu pola pengeluaran keuangan terlalu banyak.

Berbelanja baju lebaran seperti sudah menjadi tradisi yang mendarah daging. Momen lebaran tetap istimewa bagi umat Islam yang jumlahnya mayoritas di negeri ini. Tidak jarang, orang berbelanja baju lebaran bukan hanya untuk dirinya sendiri. Mereka membeli sandang juga diperuntukkan bagi sanak keluarga di kampung di waktu mudik.

Namun berbelanja baju lebaran sebaiknya tidak asal-asalan. Berbagai faktor mesti diperhatikan baik dari sisi finansial, mode, dan sebagainya. Agar Anda bisa berbelanja dengan tenang.

Berikut tips berbelanja baju Lebaran secara bijak:
  1. Siapkan Anggaran Belanja Jauh-Jauh Hari. Ada baiknya anggaran belanja baju Lebaran disiapkan jauh-jauh hari dengan menyisihkan sekitar 5-10% pendapatan setiap bulannya.
  2. Jangan mudah tergiur dengan produk pakaian yang dilabel dengan kata “diskon”, “cashback”, atau yang semakna dengan itu. Pakaian yang banting harga perlu dilihat dulu kualitasnya. Bisa jadi, toko menjual murah karena stok lama, ada cacat, atau modelnya termasuk ketinggalan zaman.
  3. Tidak perlu harus mengikuti mode. Mode baju terbaru tidak pasti cocok diterapkan pada setiap orang. Pilih baju yang sesuai karakter dan postur Anda. Untuk momen lebaran, pilih mode yang lebih sopan tapi tetap membuat Anda tampil menarik.
  4. Pikirkan lagi sebelum membeli. Ada kalanya seseorang membeli banyak baju lebaran hanya karena menuruti keinginan. Walhasil uang Anda tersedot buat belanja besar dan terjadi penyesalan karena sebagian pakaian ternyata tidak terlalu dibutuhkan. Pengeluaran jelang lebaran biasanya memang besar. Atur finansial Anda untuk belanja pakaian.
  5. Pilih pakaian yang masih bisa dipakai di luar momen lebaran. Ini untuk mencegah menumpuknya baju di lemari yang jarang dikenakan.
  6. Sesuaikan menurut ukuran badan. Hal ini terkait dengan kenyamanan. Mengenakan pakaian yang longgar akan membuat tubuh lebih nyaman dalam bergerak.
  7. Buat Daftar Belanja. Buat daftar belanja baju sebelum berangkat ke pusat perbelanjaan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa keperluan utama tersebut dapat terpenuhi sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan.
  8. Bijak dalam Memutuskan Membeli. Sebelum memutuskan membeli baju, ada baiknya untuk mengecek harga atau pakaian sejenis di tempat lain. Dengan begitu, kita memiliki peluang untuk mendapatkan harga terbaik dan tidak menyesal. Hal ini penting untuk dilakukan karena berdampak langsung pada keuangan.
  9. Membeli Baju yang Sesuai. Ada kalanya seseorang membeli baju dengan ukuran yang lebih kecil hanya karena alasan habis stok dan model yang sedang tenar. Hal ini keliru karena bisa-bisa baju tersebut hanya digunakan sesekali saja dan tidak dapat digunakan lagi di masa depan. Ada baiknya untuk membeli baju dengan model yang tahan lama dan sesuai dengan ukuran tubuh kita sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang relatif lama. Membeli pakaian yang dapat digunakan di masa depan juga merupakan sebuah investasi.
Update:
10. Ada beberapa hal yang harus, saat kita hendak memilih baju lebaran:
  • Pastikan baju lebaran yang kita pilih, khusus untuk muslimah, tidak terlalu ketat dan memperlihatkan bentuk tubuh. Selain itu, jangan memilih busana yang tembus pandang dan berbahan terlalu tipis.
  • Kendati satu model blouse sedang in, pastikan jika model dan coraknya sesuai dengan karakter kita, jangan sampai terlalu memaksakan suatu jenis baju lebaran yang memang kita tidak akan nyaman saat menggunakannya.
  • Corak dan ornamen disesuaikan dengan penggunaannya. Karena Idul Fitri identik dengan perayaan, maka tidak ada salahnya jika baju lebaran yang kita pilih lebih memiliki ornamen yang meriah, seperti menggunakan aplikasi payet, bordir, dan renda. Namun tetap harus nyaman, karena pada saat Idul Fitri, kita akan lebih mobile untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara dan tetangga.
Agar setiap baju lebaran yang kita miliki tidak mudah rusak dan tahan lama, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan:
  • Jika baju lebaran Anda berbahan sutra ataupun bahan lain yang lembut, seperti chasmere, maka cara pencuciannya yang paling tepat adalah dry clean ataupun menggunakan tangan. Biasakan menggunakan shampo ataupun deterjen yang sangat lembut.
  • Untuk baju lebaran berbahan sutra, jangan diperas menggunakan mesin cuci, cukup diangkat dari air dan diangin-anginkan di tempat yang terlindung matahari.
  • Hati-hati pada saat menyetrika, karena ada beberapa bahan pakaian yang sensitif dengan panas tinggi.
  • Jangan cuci baju dengan resleting dalam keadaan terbuka, sebelum dicuci (terutama dengan mesin cuci) kancingkan resleting. Hal ini untuk menghindari tertariknya resleting sehingga dapat mengakibatkan kerusakan.
  • Beberapa jenis kain mudah sekali luntur apabila dicuci. Oleh karena itu, biasakan untuk memisahkan pakaian yang berwarna putih dengan berwarna untuk meminimalisasi terjadinya kelunturan. (Diolah dari berbagai sumber)
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

IDota2Pro - Komunitas Dota 2 Online Indonesia!

Daftar Isi

    Memuat...
     
    Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
    Copyright © 2013. LivaKara - All Rights Reserved