IDota2Pro - Komunitas Dota 2 Online Indonesia!

Loading . . .

Home » , , » Berani Melihat Mumi Api di Filipina?

Berani Melihat Mumi Api di Filipina?

Written By Norman Enkabara on Jumat, 26 Juli 2013 | 05.30

Iklan Baris Lowongan Kerja Malang
Binggung mencari lowongan kerja di daerah malang? Langsung saja kunjungi disini
www.lowongankerja87.weebly.com
Pasang Iklan Baris
Pasang iklan baris Murah dan menyediakan layanan pemasangan iklan banner.
www.LivaKara.com
Siapa sangka, Filipina ternyata juga punya mumi mampu membuat bulu kuduk berdiri. Mumi Filipina ini disebut sebagai mumi api, yang memiliki cara pengawetan tersendiri. Umurnya pun mencapai ratusan tahun. Inilah kisahnya!

Mumi adalah sebutan untuk mayat yang diawetkan selama bertahun-tahun. Bisa jadi, sebagian traveler malah penasaran dan tertarik menyusuri kisah-kisah mumi yang ada di dunia.

Ditengok dari situs Mummy Tombs, mumi api ini adalah sebutan dari Mumi Kabayan yang masih memiliki kisah misterius. Mumi-mumi tersebut diyakini sebagai peninggalan dari suku Ibaloi yang ditemukan di Kabayan, Provinsi Benguet, Filipina.

Awalnya, mumi-mumi ini ditemukan pada tahun 1900-an dengan kondisi baik di dalam Gua Timbak yang ada di atas gunung. Perjalanan untuk mendaki dan menemukan mumi ini pun membutuhkan waktu sekitar 5 jam lamanya.

Beberapa ilmuwan percaya, mumi api ini sudah ada sejak tahun 1200-1500 Masehi di 5 kota yang ada di Filipina dan dikubur ke dalam gua-gua. Namun sayang, praktek pembuatan mumi ini terhenti karena Spanyol menjajah Filipina sekitar tahun 1500-an.

Ada keunikan dalam proses membuat mumi-mumi ini. Proses pembuatannya pun cukup memakan waktu hingga berbulan-bulan. Sebelum menjadi mayat, mereka yang mau dijadikan mumi dipaksa minum air yang sangat asin.

Setelah meninggal, mereka lalu dicuci dan diletakkan dengan posisi duduk di atas api untuk dijadikan mumi. Hal itulah yang membuat cairan tubuhnya keluar. Asap tembakau juga ditiupkan ke dalam mulut jasad untuk mengeringkan organ-organ tubuh.

Sayang beribu sayang, mumi api yang jumlahnya tidak sedikit ini diburu oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Oleh sebab itu, pemerintah setempat melindungi gua-gua yang diyakini terdapat mumi. Apalagi mumi api ini masuk dalam salah satu dari 100 situs paling terancam punah di dunia.

Sampai sekarang, tercatat 28 mumi api yang bisa dilihat traveler pada sebuah museum di Kabayan. Lihatlah mumi api dari dekat, bentuk lekuk tubuhnya masih terlihat jelas. Hampir semua mumi api di Filipina pun terlihat membuka mulutnya. Hii!
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

IDota2Pro - Komunitas Dota 2 Online Indonesia!

Daftar Isi

    Memuat...
     
    Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
    Copyright © 2013. LivaKara - All Rights Reserved