IDota2Pro - Komunitas Dota 2 Online Indonesia!

Loading . . .

Home » , , » Makanan Saat Sahur yang Bisa Merusak Sistem Pencernaan

Makanan Saat Sahur yang Bisa Merusak Sistem Pencernaan

Written By Norman Enkabara on Selasa, 30 Juli 2013 | 13.18

Iklan Baris Lowongan Kerja Malang
Binggung mencari lowongan kerja di daerah malang? Langsung saja kunjungi disini
www.lowongankerja87.weebly.com
Pasang Iklan Baris
Pasang iklan baris Murah dan menyediakan layanan pemasangan iklan banner.
www.LivaKara.com
Perubahan jadwal makan pada bulan puasa membuat kita perlu lebih memperhatikan asupan nutrisi. Sembarang mengonsumsi makanan saat sahur dapat membuat kita lemas, cepat lapar, atau mudah sakit. Apa saja yang sebaiknya kita hindari saat bersantap sahur ?

Agar dapat berpuasa dengan lancar, sebaiknya hindari makanan dan minuman yang bisa merusak sistem pencernaan. Simak daftar pantangan sahur berikut, yang diberikan oleh Purnawati Hustina Rachman, Community Nutritionist dari Institut Pertanian Bogor :

Gorengan
Apakah Sobat sering bersantap sahur dengan berbagai jenis gorengan ? Nugget atau ayam goreng tepung sering menjadi pilihan saat sahur karena praktis. Sebaiknya kurangi kebiasaan ini karena makanan yang digoreng mengandung lemak yang memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh, saya tambahin maksudnya bukan lama kayak makan yang berserat tapi berat untuk dicerna dalam keadaan puasa. Sama kebanyakan berminyak bisa bikin jerawatan juga loh

Penjelasannya : karena ada Sobat yang ngebenerin tadi, jadi saya tambahin lagi deh supaya lebih jelas kenapa goreng-goreng tuh sebaiknya dihindari..

Karena makanan-makanan berlemak seperti gorengan atau kuah santan, akan berat untuk dicerna tubuh. Bila sudah demikian, tubuh Anda akan banyak mengeluarkan cairan, hasilnya Anda akan lebih cepat mengalami dehidrasi.

Santan
Saat sahur, banyak orang menghangatkan kembali makanan sisa semalam agar lebih praktis. Gulai ayam dan rendang dari rumah makan Padang pun menjadi menu sehari-hari saat sahur (anak kosan sih yang sering ). Padahal, makanan bersantan sama seperti gorengan berlemak yang yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat perlu dikurangilah saat santap sahur.

Makanan Pedas
Untuk Sobat yang doyan makan makanan pedas, tunda dulu keinginan tersebut saat sahur. Meski membuat nafsu makan bertambah, makanan pedas dapat merangsang pengeluaran asam lambung berlebih. Proses pencernaan pun bisa terganggu. Yang ada mules-mules, gan besok paginya

Makanan Asam
Seperti makanan pedas, makanan asam juga dapat menaikkan asam lambung. Jika tidak mau sakit perut saat berpuasa, sebaiknya hindari makan tom yam atau sambal saat sahur.

Kafein
Di luar bulan puasa, meminum secangkir kopi atau teh di pagi hari sering jadi rutinitas. Ingin tubuh tetap fit selama bulan puasa? Hentikan dulu kebiasaan mengonsumsi kafein saat sahur. Kafein bersifat diuretik, membuat kita sering buang air kecil. Akibatnya, proses penyerapan vitamin larut air bisa terganggu karena terbuang bersama urin.
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

IDota2Pro - Komunitas Dota 2 Online Indonesia!

Daftar Isi

    Memuat...
     
    Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
    Copyright © 2013. LivaKara - All Rights Reserved