IDota2Pro - Komunitas Dota 2 Online Indonesia!

Loading . . .

Home » , , » 9 Fakta Menarik Seiring Bertambahnya Usia

9 Fakta Menarik Seiring Bertambahnya Usia

Written By Norman Enkabara on Minggu, 25 Agustus 2013 | 11.22

Iklan Baris Lowongan Kerja Malang
Binggung mencari lowongan kerja di daerah malang? Langsung saja kunjungi disini
www.lowongankerja87.weebly.com
Pasang Iklan Baris
Pasang iklan baris Murah dan menyediakan layanan pemasangan iklan banner.
www.LivaKara.com
Bertambahnya usia seringkali beriringan dengan terjadinya proses penuaan seseorang. Meskipun, di masyarakat sering terdengar istilah 'usia boleh bertambah tapi penampilan tetap muda'. Terlepas dari itu semua, sebenarnya terdapat beberapa fakta yang berhubungan dengan bertambahnya usia seseorang.

Berikut ini 9 Fakta Menarik Seiring Bertambahnya Usia:

1. Frekuensi bernapas
Semakin bertambah umur seseorang, proses bernapasnya bisa lebih lambat dan secara perlahan-lahan. Tapi yang perlu dicatat, perempuan dan anak-anak bernapas lebih cepat daripada pria. Saat beristirahat, rata-rata orang bernapas 12 sampai 15 kali per menit.

2. Mendengkur
Menginjak usia 60 tahun, seseorang biasanya akan mengalami kesulitan bernapas dan sekitar 60 persen pria serta 40 persen wanita akan mendengkur ketika tidur. Dengkuran rata-rata memiliki intensitas suara 60 dB, tingkat intensitas suara normal. Tapi terkadang bisa melebihi 80 dB. Intensitas 80 dB setara dengan suara bor pemotong beton. Sedangkan, suara dengan intensitas lebih dari 85 dB bisa merusak telinga manusia.

3. Air liur untuk mengolah makanan
Saat dewasa, jumlah makanan yang kita konsumsi kira-kira 500 kg per tahun. Oleh karena itu, kita juga memproduksi 1,7 liter air liur setiap hari untuk membantu mengolah makanan tersebut.

4. Makanan yang dicerna
Setiap hari, 11,5 liter makanan dicerna termasuk yang berbentuk cairan dan nantinya akan mengalir melalui sistem pencernaan. Namun, hanya 100 ml dari hasil pencernaan itu yang hilang dalam tinja. Untuk mencerna makanan sebanyak itu, tubuh akan memproduksi lapisan perut baru setiap tiga sampai empat hari untuk memastikan bahwa asam yang kuat bisa digunakan perut untuk mencerna makanan sekaligus tidak membahayakan perut.

5. Jumlah tulang berkurang
Saat lahir, jumlah tulang dalam kerangka kita berjumlah 350 buah. Tapi, seiring bertambahnya usia, jumlah tulang berkurang menjadi 206 buah akibat beberapa tulang lain yang telah menyatu.

6. Partikel dalam kulit yang dikeluarkan
Kita rata-rata mengeluarkan partikel kulit sebangak 600.000 setiap jamnya. Setiap tahunnya, jumlah partikel yang hilang sekitar 600 gram. Saat berusia 70 tahun, rata-rata orang akan kehilangan partikel kulitnya dengan total 47 kg.

7. Sirkulasi darah
Bayi hanya memiliki sekitar 250 ml atau secangkir darah yang akan disirkulasikan melalui tubuh mereka. Tapi orang dewasa memiliki hampir empat liter darah yang dipompa jantung ke seluruh jaringan serta dari dan ke paru-paru dalam waktu satu menit ketika jantung berdetak 75 kali.

8. Sel saraf dan otak tak bisa diregenerasi
Menariknya, sel-sel saraf dan otak adalah satu-satunya sel dalam tubuh yang tidak bisa diregenerasi. Jika sel-sel pada otak rusak, maka tidak bisa diganti.

9. Jumlah sel otak
Saat lahir, sel otak di kepala manusia berjumlah seperempat dari panjang kita saat dilahirkan. Namun, saat dewasa, jumlah sel tersebut akan menjadi seperdelapan dari panjang tubuh kita ketika dilahirkan.
Share this article :
Comments
1 Comments

1 comments:

  1. menarik sekali gan,, ternyata seiring bertambah usia itu banyak fakta unik ya gan..

    BalasHapus

IDota2Pro - Komunitas Dota 2 Online Indonesia!

Daftar Isi

    Memuat...
     
    Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
    Copyright © 2013. LivaKara - All Rights Reserved