IDota2Pro - Komunitas Dota 2 Online Indonesia!

Loading . . .

Home » , , » Fosil dinosaurus spesies baru ditemukan di gurun Utah, AS

Fosil dinosaurus spesies baru ditemukan di gurun Utah, AS

Written By Norman Enkabara on Rabu, 14 Agustus 2013 | 11.04

Iklan Baris Lowongan Kerja Malang
Binggung mencari lowongan kerja di daerah malang? Langsung saja kunjungi disini
www.lowongankerja87.weebly.com
Pasang Iklan Baris
Pasang iklan baris Murah dan menyediakan layanan pemasangan iklan banner.
www.LivaKara.com
Sebuah spesies baru dinosaurus yang bentuknya tidak lazim telah digali dari gurun di Utah, AS, demikian penjelasan para ilmuwan.

Fosil dinosaurus sepanjang lima meter ini merupakan anggota keluarga Triceratops, tapi dengan hidung besar dan tanduk sangat panjang, yang menurut ahli paleontologis, belum pernah dilihat sebelumnya.

Spesies baru dinosaurus ini diberi namaNasutoceratops titusi, yang berarti hidung besar serta muka bertanduk. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam The Proceedings of the Royal Society B.

Dr Mark Loewen, dari University of Utah and Natural History Museum of Utah mengatakan kepada BBC: "Kami tidak akan pernah memperkirakan bentuknya seperti ini. Ini betul-betul di luar kelaziman kelompok dinosaurus."

Fosil ini pertama kali ditemukan pada 2006 di sebuah gurun di wilayah Utah, AS, namun membutuhkan sekian tahun untuk mempelajarinya secara lebih terperinci.

"Kami tidak akan pernah memperkirakan bentuknya seperti ini. Ini betul-betul di luar kelaziman kelompok dinosaurus."
Para ahli memperkirakan fosil dinosaurus ini berusia sekitar 75 juta tahun, sehingga mereka telah menjelajahi bumi pada masa periode Cretaceous akhir.

"Tanduk mereka jauh lebih besar ketimbang dinosaurus lain yang masuk dalam kelompok Triceratops," jelas Dr Loewen.

"Selain itu mereka juga memiliki hidung terbesar dalam kelompoknya."

Penampilan fisik Nasutoceratops, yang memiliki berat sekitar 2,5 ton, terlihat menakutkan, namun menurut para ahli, semua anggota keluarga triceratops termasuk jenis herbivora.

Mereka lebih suka makanan tanaman tropis di rawa-rawa ketimbang meneror dinosaurus lainnya.

Paleontolog dari Denver dan Utah telah menemukan fosil dinosaurus berumur 76 juta tahun yang berbentuk seperti setan dan diberi nama Nasutoceratops
Rekonstruksi tengkorak didasarkan pada fosil Nasutoceratops titusi yang ditemukan di Utah. Dinosaurus ini diperkirakan adalah sepupu dari Triceratops dan memiliki fitur serupa termasuk hidung melengkung.

Para peneliti dari Utah menggunakan fosil untuk membuat rekonstruksi tengkorak dari tanah liat. Mereka percaya makhluk itu sekitar 15 kaki panjang dan beratnya 2,5 ton. Itu adalah dinosaurus bertanduk atau 'ceratopsid' yang memiliki kelompok besar, pemakan tanaman dan berkaki empat.

Fosil yang ditemukan di Grand Staircase Escalante Monumen Nasional di Utah oleh para peneliti dari University of Utah.

Berdasarkan temuan fosil, Lukas Panzarin menciptakan gambar ini dari kerangka Nasutoceratops . Tanduk dinosaurus yang diyakini telah digunakan untuk mengintimidasi laki-laki lain serta menarik anggota lawan jenis.

sumber: BBC
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

IDota2Pro - Komunitas Dota 2 Online Indonesia!

Daftar Isi

    Memuat...
     
    Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
    Copyright © 2013. LivaKara - All Rights Reserved