IDota2Pro - Komunitas Dota 2 Online Indonesia!

Loading . . .

Home » , » Ini Asal Mula Tradisi Lomba 17 Agustus

Ini Asal Mula Tradisi Lomba 17 Agustus

Written By Norman Enkabara on Minggu, 18 Agustus 2013 | 07.19

Iklan Baris Lowongan Kerja Malang
Binggung mencari lowongan kerja di daerah malang? Langsung saja kunjungi disini
www.lowongankerja87.weebly.com
Pasang Iklan Baris
Pasang iklan baris Murah dan menyediakan layanan pemasangan iklan banner.
www.LivaKara.com
Beragam perlombaan setiap tanggal 17 Agustusâ?¬ sudah tidak bisa dipisahkan lagi dengan masyarakat Indonesia. Sebut saja panjat pinang, makan kerupuk, balap karung. Namun, tidak banyak yang tahu kapan tradisi ini mulai dijalankan.

Sejarawan dan budayawan JJ Rizal, mengatakan, tradisi perlombaan mengisi hari kemerdekaan Indonesia sebenarnya baru dimulai pada tahun 1950-an dari inisiatif masyarakat.

"Itu dimulai sejak usia kelima Proklamasi Kemerdekaan. Sebelum tahun 1950-an tidak ada perlombaan, mayoritas pidato dari Presiden karena waktu itu masa â?ª#"revolusiâ?¬. Berbagai permainan itu asalnya bukan perintah negara, namun inisiatif masyarakat," ujarnya.

Bang JJ, sapaan akrab JJ Rizal, menceritakan pada saat itu masyarakat ingin memeriahkan kemerdekaan yang telah diperjuangkan. Apalagi sejak peperangan usai dan ibu kota dipindahkan dari Yogyakarta menuju Jakarta. "Aneka permainan ini ada di kampung-kampung di Jakarta, kemudian cepat menyebar ke daerah-daerah lain. Bahkan perlombaan 17 Agustus ada hingga di tingkat nasional," kata dia.

Dulu bahkan presiden pertama Indonesia, â?ª#"Soekarnoâ?¬ termasuk salah satu orang yang paling bersemangat dengan perlombaan 17-an ini.

sumber: Berita 1
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

IDota2Pro - Komunitas Dota 2 Online Indonesia!

Daftar Isi

    Memuat...
     
    Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
    Copyright © 2013. LivaKara - All Rights Reserved